- Penjelasan secara singkat bagaimana prosedur – prosedur Tank cleaning di kapal tanker :
- Tank cleaning di kapal tanker :
- Tank Cleaning dilakukan dengan menggunakan air panas atau air laut dengan menggunakan alat disebut Butterworth Machine dan dibilas dengan air tawar. Pelaksanaan di laut lepas dgn persyaratan :
- Kapal dalam pelayaran:
- Dilakukan pada jarak lebih dari 50 mil dari daratan terdekat
- Limbah buangan tidak boleh lebih dari 60 ltr/mil
- Jumlah minyak yang dibuang dalam pelayaran tidak boleh melebihi 1/15.000 jumlah cargo DWT.
- Drop valve semua dibuka serta katup – katup dan cerat unk drying tangki dan pipa – pipa
- Filter – filter di pumproom dibersihkan
- Mooping
- Kegiatan dicatat di deck logbook dan oil record book.
- Gas freeing diperlukan pada saat :
- sebelum memuat, sehabis bongkar untuk tank cleaning
- persiapan masuk dock, sehabis memuat muatam cairberbahaya, memasuki ruang tertutup, pengecekan atau survey.
- Fumigasi di ruangan kapal :
- Crew kapal dievakuasi
- Mesin dimatikan (blower dimatikan)
- Generator dimatikan
- Kemudian kapal / ruangan kapal ditutup dan obat fumigasi disebar ditunggu ± 10 jam
- Memuat barang berbahaya :
- mengetahui sifat fisika dan sifat kimia dari jenis muatan berbahaya dan resiko yang mungkin terjadi dalam pengangkutannya di kapal
- memberikan label, tanda berbahaya sesui dengan kelasnya
- penempatannya harus terpisah antara satu dengan yang lainnya.
- Cara membersihkan tangki untuk muatan minyak kelapa sawit:
- Tangki dibersihkan menggunakan butter worth machine dengan tekanan air ± 12 kg / cm2.
- Sebelumnya air diheating terlebih dulu (± 82°C) baru disemprotkan.
- Cyclus butter worth diulang hingga 4 kali dengan setingan untuk seluruh permukaan tangki.
- Pompa air laut yang tersisa di tanki ke slop tank.
- Bersihkan menggunakan air tawar dengan disemprotkan menggunakan butter worth machine, tanpa harus diheating(2 s/d 3 cycle).
- Pompa air tawar yang tersisa di tangki ke slop tank.
- Lakukan gas freeing, cek kadar O2, combustible gas dan toxic gas.
- Cek dinding tangki dan bersihkan dengan menggunakan solvent.
- Keringkan dan tangki siap untuk dimuati.
- Untuk muatan palm oil pipa heating coil harus terpasang dengan tujuan :
- untuk memanaskan muatan sebelum dibongkar sehingga pompa tidak berat memompa palm oil. Pipa heating coil tidak dipakai / muatan tidak di heating apabila pelabuhan bongkar dekat dan berada di daerah tropik. Dengan pemanasan muatan maka palm oil tidak membeku terutama di daerah winter.
- Cara melakukan tank cleaning di kapal tanker yang akan memuat avtur :
- Tiap tanki dibersihkan dengan menggunakan air laut atau air panas dengan menggunakan alat yang disebut “ Butterworth “.
- Untuk selanjutnya dibilas dengan menggunakan air tawar.
- Kemudian dilakukan pengeringan ( Drying ), free gas dan mopping dan setelah selesai kapal siap muat .
- Cara melakukan free gas :
- 1.Tanki dikeringkan dari muatan minyak, semua kran hisap (suction valve) didalam cargo tank harus ditutup dan pipa cargo dialiri air laut dengan kecepatan sedang.
- 2.stern lines harus ikut dibilas.
- 3.Air bilasan yang berminyak harus ditampung di sludge tank jangan dibuang dilaut.
- 4.setelah saluran pipa minyak, semua suction valve didalam tanki harus ditutup rapat.
- 5.Membersihkan pipa heating coil dengan dorongan uap.
- 6.Kemudian gasenjector dioperasikan pada setiap cargo tank secara bergantian masing masing selama ± 2 jam tergantung besar kecilnya cargo tank, selama ityu tutup tanki tidak dibuka.
- 7.Setelah itu kandungan gas didalam tanki diukur dengan explosimeter , bila sudah pada atau dibawah batas aman maka tutup tanki dapat dibuka .
- 8.Setelah itu dipasang blower / kipas angin pada setiap tanki untuk memasukan udara ± 2 jam.
- 9.Bila kandungan gas tanki sudah pada batas aman bagi orang / perkerja masuk tanki diberiakn, gas free certificate bagi tanki yang bersangkutan.
- Tight test, dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu:
- Test kekedapan dengan memakai air laut ( water tight test ) . tanki diisi air laut hingga penuh dan mencapai pipa udara, lalu diperiksa apakah terdapat bagian bagian tanki yang bocor. Cara ini paling murah, tetapi memakan waktu lama.
- Test kekedapan yang memakai tekanan udara melalui pipa udara dimasukan tekanan udara 4 psi, dan pada pengisian udara dihentikan, lalu ditunggu beberapa saat apakhah penunjukan manometer turun, jika turun berarti ada kebocoran, jika tetap berarti tanki kedap.
- Latihan Soal:
- Suatu tangki berkapasitas 1200 m3 akan dimuati minyak kelapa sawit dari port klang tujuan Amsterdam pada bulan Desember. Suhu saat muat 35°C, Bj = 0,51 dan suhu bongkar nantinya diminta 55°C, sehingga selama 15 gari pelayanan harus dipanaskan dengan pemanasan 0,1% setiap 1°C (tinggi tangki 10 meter).
- Hitung ullage pada saat muat, agar dapat memuat palm oil sebanyak-banyaknya.
- Jawab :
- Terjadi kenaikan suhu = 55°-38° = 17°C
- Kapasitas tangki = 1200 m3
- Kapasitas tangki sebelum dipanaskan 17°C = 0,1% ´ 17 ´ 1200 m3 = 20,4 m3
- Volume innage = 1200 – 20,4 = 1179,6 m3
- Jarak innage = = 9,53 m
- Jarak ullage pada saat muat
- = 10 – 9,53 m = 0,17 m
- Guna document Dry Certificate:
- Merupakan tanda / surat pengesahan bahwa tanki benar benar telah kering.
- Gunanya document Tightness Cetificate :
- Merupakan tanda / surat bukti pengesahan bahwa tanki benar benar kedap.
- Cara mengukur API Gravity ( American Pretroleum Indrustry ) adalah :
- API Gravity = 141,5 – 131,5 BJ = SG (specific grafity)
- BJ
- Cara mengambil sampling minyak didalam tanki yaitu:
- Buka manhole / hacth cover tanki, kemudian ditimba dengan, menggunakan sample cans dan masukan kedalam botol sample.
- Cara menghitung ullage muatan minyak adalah :
- Perhitungan volume muatan cair dalam tangki dilakukan dengan mengukur “ullage” untuk mendapatkan “innage” Volume innage x SG (berat jenis) = berat minyak
- Rumus
- : volume ( dalam m³ ) x BJ = berat (dalam metric ton)
- : Volume ( dalam cft ) : SF = berat ( dalam long ton )
- : 1 long ton = 1016 kg = 2240 lbs.
- Ullage :Jarak tegak dari puncak tangki ke permukaan minyak / muatan cair.
- Innage :Jarak tegak dari dasar tangki permukaan minyak/ muatan cair.
- Guna”NOTICE OF READINISS (NOR) pada kapal Tanker adalah : “sebagai bukti outentik/certificate yang diserahkan Nahkoda kepada agent, pada saat kapal tiba di pelabuhan, yang menyatakan bahwa kapal siap untuk kegiatan bongkar muat”
- Guna“TANKER TIME SHEET” adalah untuk menentukan lamanya setelah dikeluarkanya Notice of readiness.
- Pompa stripper di gunakan apabila pembakaran minyak didalam tengki tinggal sedikit atau hampir habis dan biasanya digunakan untuk stripping.
- Cara menghitung dan merencanakan tingginya ullage dalam pemuatan minyak kelapa sawit:
- Karena dalam pemuatan minyak kelapa sawit dilakukan pada temperatur kurang lebih 10ºC dengan SG = 0,8965 maka harus diperhitungkan pemuatannya setiap kenaikan temperature 1ºC.
- Diatur ullage tanki yang besarnya kurang lebih 1,5 % volume tanki mengingat pemuaian kelapa sawit bila dipanaskan.
- Pemuatan latex didalam tanki tidak memerlukan ullage karena :
- Dengan adanya ullage akan membuat latex berjamur / bulukan .
- Latex tidak boleh dipanaskan jadi tidak ada pemuaian.
- Latihan Soal:
- Sebuah tangki mempunyai luas permukaan 75 m² sedang diisi minyak memakai pipa dengan Ø (diameter) 200 mm. ullage sekarang 1,6 m dan akan diisi hingga mencapai ullage = 0,8 m.
- Hitung : waktu yang diperlukan jika kecepatan mengalir minyak dalam pipa = 1,75 m/dtk.
- Jawab :
- Untuk mencapai ullage 0,8 masih diperlukan pengisian minyak setinggi:
- 1,6 m – 0,8 = 0,8 m.
- Volume minyak yangmasih harus diisikan :
- 0,8 m X 75 m² = 60 m³.
- Luas penampang pipa = πR²
- Ø pipa=200 mm ;R pipa = ½ X200 mm = 100 m =0,1 m
- luas penampang :
- 22X0,1X0,1=0,031 m²
- volume minyak dalam pipa perdetik
- 0,031 X 1,75 = 0,055 m³
- jadi waktu yang diperlukan:
- 60 m³ : 0,055= 18 menit11 detik
- Sebuah tangki ;V = 3000 cbm
- dengan tinggi = 10 meter
- Tangki tersebut akan diisi minyak Bj = 0,92
- sebanyak = 2600 ton didalam pemuatan tersebut digunakan slang / hose Ø 20 cm dengan kecepatan mengalir minyak 2 meter / detik.
- Hitung :
- a) ullage
- b) waktu yang diperlukan untuk memuat
- Jawab :
- Volume minyak =B =2600 = 2.826 cbm
- Bj0,92
- Volume tangki=3.000 cbm
- Volume ullage=174 cbm
- tinggi ullage = 174X 10 meter=0,58 meter
- 3000
- Ø 20 cm berarti R= 10 cm = 1/10 m
- Luas penampang hose/slang=
- π R²= 22 X 1 X 1 =22
- 71010700
- volume minyak dalam slang perdetik =22 X 2meter
- 700
- =44 cbm/detik
- 700
- waktu yg diperlukan :
- 44= 2826×700 = 44.959detik
- 70044
- = 44.959 = 12,5 Jam
- 3600
Maret 18, 2013
Penangan Muatan Dikapal Tanker
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar